Monday 4 July 2016

Mewarnai Gambar Sketsa Kaligrafi Asma'ul Husna 6 Al-Mu'min


Mewarnai tulisan kaligrafi al-Mu’min sama seperti mewarnai Kaligrafi Asma’ul Husna yang lainnya, yakni boleh diblok dengan warna tertentu atau bisa juga dengan sistem gradasi (yakni perpaduan antara dua warna yang berbeda kecerahanya atau yang satu tua yang lainnya muda). Teknik yang terakhir ini sudah agak rumit, akan tetapi perlu dicoba karena tak ada salahnya segala kebaikan itu dicoba agar mahir.

Karena kaligrafi adalah salah satu karya seni, maka bentuk-bentuk hurufnya dibuat sedemikian rupa sehingga mengandung nilai estetika. Maka perlu dukungan pewarnaan yang bernilai seni pula. Terutama pada pemilihan warna-warna yang tepat. Sehingga akan menjadi gambar berwarna yang elok dipandang mata.

Untuk tahab pemula di sini disajikan tulisan yang masih sederhana sebagai latihan saja. Karena tujuan utamanya adalah untuk diwarnai siswa TK maupun SD. Namun tidak menutup kemungkinan Siswa jejang sekolah yang lebih tinggi juga ikut mencoba untuk mewarnainya, maka hal ini tidak dilarang sama sekali. Siapa tahu memang perlu melakukan itu untuk hiasan dinding atau mencotohkan untuk adik-adiknya, itu sangat baik.


Tulisan kaligrafi al-Mu’min (Yang Maha Memberi keamanan) sangat mudah untuk diwarnai. Karena tidak terlalu rumit bentuk tulisannya sehingga tidak mudah frustasi untuk menyempurnakan pengerjaannya. Sekaligus sebagai pengenalan terhadap Nama-Nama Allah Pencipta alam semesta ini. Jadi sebenarnya banyak manfaat yang bisa dipetik dari kegiatan mewarnai kaligrafi ini.

Untuk adik-adik yang hobi mewarnai gambar, silakan dicoba ya. Jangan mudah menyerah. Yang penting kalian tekun dan teliti. Karena jika tidak, maka akan banyak goresan warna yang melewati garis yang sudah ada. Namun kalaupun seperti itu, kalian tidak perlu berputus asa, karena kalian bisa mengulangnya lagi dengan lembaran yang baru.

Oke selamat mengerjakan kegiatan mewarnai gambar kaligrafi al-Mu’min. Semoga belajar kalian menjadi berkah dan menuai manfaat yang banyak. Selamat berjuang sambil belajar mengenal Nama-Nama Allah...

&


3 comments:

  1. terima kasih, Gambar-gambar yang sangat bagus. sehingga membantu siswa-siswi saya dalam belajar mewarnai.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama, semoga bermanfaat dan berkah. Terimakasih juga sudah berkunjung.

      Delete
  2. terima kasih ...... semoga berkah dan dicatat sebagai amal kebajikan ...... murid2 senang

    ReplyDelete